Wednesday 14 February 2018

Cara Memeriksa Power Supply Apakah Berfungsi Atau Tidak Berfungsi


 Cara Memeriksa Power Supply Apakah Berfungsi Atau Tidak Berfungsi 

Power supply ialah suatu komponen komputer yang sangat penting bagi komputer, power supply memiliki fungsinya sebagai penyalur arus elektik keseluruh komponen komputer untuk dapat berfungsi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana memeriksa power supply
apakah ia masih Berfungsi atau Tidak Berfungsi. Hal ini diharapkan dapat membantu anda dirumah untuk menyelesaikan atau menjumpai masalah yang terjadi kepada komputer. Setiap kali kita menganggap komputer yang tidak berfungsi itu masalah oleh power supply yang tidak berfungsi lagi, tetapi itu semua belum tentu lagi, kerana kemungkinan motherboard anda yang Tidak Berfungsi. Jadi marilah mengikuti langkah2 berikut.



Pertama, cuba anda mengeluarkan power supply dari komputer, semua kabel dilepas hingga tidak ada yang masih bersambung di motherboard atau pon di mana2 cable. Kemudian sediakan satu kabel yang mungkin memiliki panjang 10 sampai 12 Cm. potong dan kupas kabel berikut hingga dapat melihat Kuningannya.


Kedua, silahkan anda ambil kabel power supply yang memiliki banyak rangkaian atau yang disebut dengan ATX 24 pin connector. Jika sudah jumpa, silahkan anda masukkan masing-masing ujung kabel yang telah kita kupas tadi ke lubang yang memiliki kabel warna HIJAU, dan HITAM yang ( warna hitam yang berada disebelah kabel warna hijau ). perhatikan gambar berikut.




Nah, ikuti seperti gambar tersebut, jika kabel sudah anda masukkan, kemudian silahkan anda hidupkan power supply dengan memasang kabel power ke elektirk anda tanpa menyambungkannya ke komputer.


KETERANGAN:

Jika kipas powersupply anda berfungsi maka boleh dipastikan power supply anda masih berfungsi dengn baik, dan jika kipas itu tidak berfungsi maka power supply anda mengalami kerosakan.

Ok, sampai disini saja cara saya memeriksa keadaan power supply. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil buat anda yang mencubanya dirumah.




Artikel Sumber: penggunacerdas

No comments:

Post a Comment